Fedora 10 Released With New Features


Komunitas pengembang Fedora telah mengumumkan secara resmi dari Fedora 10, sebuah versi baru distro Linux open source yang populer. Peluncuran ini merupakan step ke depan dari Fedora dan merupakan perkenalan dari teknologi baru yang membawa kekuatan dan usability ke pengalaman desktop user. Fedora 10 dibangun di kernel Linux versi 2.6.27, yang telah resmi diumumkan di bulan Oktober. Versi 10 ini memiliki improvisasi kompatibilitas untuk webcam dan driver wireless Atheros ath9k yang baru, dan juga perbaikan bug masuk ke dalam default instalasi Fedora 10 ini.


Salah satu fitur yang siginifikan dari Fedora 10 adalah adanya PA (Pulse Radio) yang gratis, yang pernah ada di Fedora 8, untuk membawa kemampuan modern ke Linux dan memiliki fitur untuk mengontrol volume audio streaming, mentransfer audio streaming antar device, dan output audio streaming ke banyak device. Selain itu, Fedora 10 juga memiliki utility Network Manager versi baru yang digunakan untuk setting konektivitas Fedora. Fitur tersebut berguna untuk variasi context, biasanya digunakan dengan kartu 3G jika ingin share dengan computer lain via jaringan Wi-Fi.

PackageKit, sebuah manajemen paket dengan GUI (Graphics User Interface) yang user-friendly dan support untuk manipulasi program melewati D-Bus API, yang terintegrasi di dalam Fedora 10. Fedora 10 memiliki GStreamer dan secara otomatis akan menginstal code ketika user memasukkan format media yang belum support di dalamnya. Fedora 10 telah datang beberapa minggu melebihi waktu yang telah direncanakan, karena server project Fedora tersebut mengalami infiltrasi di bulan Agustus yang dilakukan oleh hacker. Hal tersebut membuat audit secara meluas dan membuat pengembang Fedora harus mengambil beberapa infrastruktur offline yang masih bisa diselamatkan. System kemudian di-backup setelah pihak Fedora mengkonfirmasi bahwa source code Fedora 10 tidak mengalami gangguan. Fedora 10 sudah ada di dalam website Fedora dan user bisa men-download-nya menggunakan BitTorrent (http://torrent.fedoraproject.org/). (h_n)



Diskusikan berita ini di Diskusi BeritaNET.com

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjunganya ( Tank You for Visit )

Design by Dzelque Blogger Templates 2008

Spirit Online -